Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Senin, 09 September 2013

Kunci Jawaban Latihan Soal



IPA KELAS V
MATERI SISTEM PERNAPASAN

PILIHAN GANDA
1.      Alat Pernapasan Manusia
a.       Rongga Hidung
Pada permukaan rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rongga hidung.
b.      Pangkal Tenggorok
Pangkal tenggorok disusun oleh beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok (epiglotis). Pada waktu menelan makanan, katup tersebut menutup pangkal tenggorok dan pada waktu bernapas katu membuka. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita bicara.
c.       Batang tenggorok
Batang tenggorok (trakea) terletak di sebelah depan kerongkongan. Di dalam rongga dada, batang tenggorok bercabang menjadi dua cabang tenggorok (bronkus). Di dalam paru-paru, cabang tenggorok bercabang-cabang lagi menjadi saluran yang sangat kecil disebut bronkiolus. Ujung bronkiolus berupa gelembung kecil yang disebut gelembung paru-paru (alveolus).
d.      Paru-paru
Paru-paru
terletak di dalam rongga dada. Rongga dada dan perut dibatasi oleh siuatu sekat disebut diafragma. Paru-paru ada dua buah yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir (lobus) yaitu gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah. Sedangkan paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. Paru-paru diselimuti oleh suatu selaput paru-paru (pleura). Alveolus dalam paru-paru jumlahnya sangat banyak, lebih kurang 300 juta alveolus. Luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali lebih besar daripada permukaan tubuh. Alveolus dikekelingi pembuluh-pembuluh kapiler darah.
2.      Pada permukaan rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rongga hidung
3.      Volume udara
  1. Volume tidal (500 mL): volume udara yang dihirup dan dikeluarkan pada keadaan istirahat.
b.      Volume suplemen (±1.500 mL): volume udara yang masih dapat dikeluarkan setelah ekspirasi biasa (tidal).
c.       Volume komplemen (±3.000 mL): volume udara yang masih dapat dihirup setelah inspirasi biasa (tidal).
d.      Volume residu (±1.200 mL): volume udara yang tersisa setelah melakukan ekspirasi maksimal. Volume residu tidak dapat dikeluarkan dengan ekspirasi biasa. Volume residu disebut juga dengan udara cadangan.
e.       Kapasitas vital (±5.000 mL): jumlah volume total dari volume tidal, volume suplemen, dan volume komplemen. Dengan kata lain, kapasitas vital adalah volume maksimal udara yang dapat dihembuskan setelah inspirasi maksimal.
f.       Kapasitas total paru-paru: jumlah volume residu ditambah kapasitas vital paru-paru.
4.      pernapasan perut, selama inspirasi otot diafragma berkontraksi sehingga posisi permukaan diafragma menjadi mendatar. Akibatnya, volume rongga dada dan paru-paru membesar. Membesarnya volume paru-paru menyebabkan tekanan udara di dalamnya menjadi lebih rendah daripada tekanan udara di luar paru-paru sehingga udara masuk ke paru-paru
5.      paru terdiri dari 2 bagian yaitu
  1. Paru-paru kanan, terdiri dari 3 lobus (belah paru),
·         Lobus pulmo dekstra superior,
·         Lobus medial
·         Lobus inferior
  1. Paru-paru kiri, terdiri dari 2 lobus (belah paru),
·         pulmo sinister lobus superior
·         lobus inferior.
6.      Tujuan utama bernapas adalah untuk kelangsungan hidup kita manusia, karena dalam sistem pernapasan kita menghirup yang berkaitan dengan hemoglobin yang ada dalam sel darah merah lalu diangkut dan diedarkan ke seluruh tubuh kita. Dalam sel-sel tubuh ini oksigen akan bereaksi dengan makanan dan menghasilkan energy yang digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
7.      Hidung merupakan alat pertama yang dilalui udara dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selaput lendir. Rambut dan selaput lendir berguna untuk menyaring udara, mengatur suhu udara yang masuk agar sesuai dengan suhu tubuh, dan mengatur kelembapan udara.
8.      Oksigen yang diperlukan untuk oksidasi diambil dari udara yang kita hirup pada waktu kita bernapas. Pada waktu bernapas udara masuk melalu saluran pernapasan dan akhirnyan masuk ke dalam alveolus. Oksigen yang terdapat dalam alveolus berdifusi menembus dinding sel alveolus. Akhirnya masuk ke dalam pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat dalam darah menjadi oksihemoglobin. Selanjutnya diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Oksigennya dilepaskan ke dalam sel-sel tubuh sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Karbondioksida yang dihasilkan dari pernapasan diangkut oleh darah melalui pembuluh darah yang akhirnya sampai pada alveolus Dari alveolus karbon dioksida dikeluarkan melalui saluran pernapasan pada waktu kita mengeluarkan napas. Dengan demikian dalam alveolus terjadi pertukaran gas yaitu oksigen masuk dan karnbondioksida keluar.
9.      1. Bronkus, 2. Batang tenggorokan, 3. Bronkiolus dan 4.
10.  Paru-paru diselimuti oleh suatu selaput paru-paru yang disebut pleura

B. ISIAN
1.      Darah
2.      Pundi-pundi udara
3.      Cacing
4.      Insang dan kulit
5.      Tenggorokan
6.      Oksigen digunakan untuk bernapas
7.      Semua makhluk hidup bernapas untuk melangsungkan hidupnya
8.      Energy
9.      Ingsang dan kulit
10.  Paru-paru

C. URAIAN
1.      Alat pernapasan manusia
  1. Hidung :
·         menyaring udara yang masuk.
·         menyesuaikan suhu udara yang masuk.
·         menghirup udara.
·         mengeluarkan karbondioksida.
  1. Tenggorokan/trakea
menyalurkan dan menyaring udara yang masuk kedalam paru-paru kita.
  1. Paru-paru :
Di paru-paru terdapat alveolus yang bertugas untuk menukar oksigen menjadi karbon dioksida.
2.      Karena jika kita bernapas lewat hidung, udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu oleh bulu-bulu hidung. sehingga udara yang masuk lebih bersih. Sedangkan lewat mulut tidak disaring.
3.      paru-paru, trakea, insang, dan kulit
4.      kupu-kupu, lebah, dan belalang
5.      Paus mempunyai sistem sirkulasi yang khas yang dapat mengalirkan darah secara langsung dari organ menuju otak. Melalui cara ini, sampai saat ikan paus muncul di permukaan air untuk bernafas, ia tetap dapat mengirim oksigen di dalam tubuhnya secara langsung ke otak, organ yang paling membutuhkan oksigen.
Melalui cara ini ikan paus dapat tetap berada di bawah laut selama kurang lebih 15 – 20 menit tanpa bernafas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar