Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Senin, 18 Februari 2013

Adiwiyata 2013

Logo Adiwiyata
Tahun ini SD Negeri 01 Baruga masuk nominasi Nasional dalam Lomba Adiwiyata 2013 di tingkat SD Se Kota Kendari, semoga untuk tahun kedepannya Sekolah kita bisa menjadi Sekolah Adiwiyata. mungkin banyak yang masih bertanya-tanya apa yang dimaksud adiwiyata?. berikut ini kami mencoba menjelaskannya. Adiwiyata berasal dari kata ‘Adi’ yang artinya ‘besar’ dan ‘Wiyata’ yang berarti ‘lingkungan Pendidikan’. Jadi Adi Wiyata adalah lingkungan tempat menuntut Ilmu.  atau dengan kata lain adiwiyata dapat bermakna tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. 

Tujuan Program Adiwiyata 
Tujuan Program Adiwiyata ini adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolahuntuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. 

Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif. 

Penghargaan Adiwiyata 
Pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penghargaan diberikan pada tahapan pemberdayaan (selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun waktu lebih dari 3 tahun). Pada tahap awal, penghargaan Adiwiyata dibedakan atas 2 (dua) kategori, yaitu: Sekolah Adiwiyata adalah, sekolah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup. Calon Sekolah Adiwiyata adalah. Sekolah yang dinilai telah berhasil dalam Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup. 

Terdapat empat proses tahapan dalam menuju sekolah Adiwiyata, yakni :
1. Pra Adiwiyata
2. Adiwiyata
3. Pengembangan Adiwiyata
4. Adiwiyata Mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar