Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Minggu, 17 Februari 2013

Hari Sampah Nasional


Ilustrasi dengan slogan "Bisa"
Perlu diketahui, lahirnya  Hari Sampah Nasional dilandasi keprihatinan bersama atas tragedi TPA Leuwigajah di Bandung.  Pada tanggal 21 Februari 2005, TPA Leuwigajah yang memiliki luas area mencapai 23,5 hektare yang penuh dengan sampah hingga ketinggian 35 meter, setelah hujan deras tiba-tiba runtuh dan menimpa pemukiman penduduk di bawahnya. Kampung Leuwigajah dan Batujajar lenyap. Sedikitnya ada 143 warga dari dua desa tersebut yang tewas di bawah timbunan sampah di TPA tersebut. Kunjungan Wapres waktu itu juga memicu demonstrasi besar-besaran yang menolak penggunaan TPA lebih lanjut. Berdasarkan kejadian itu, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia memperingati hari tersebut sebagai Hari Sampah Nasional (Humas & Protokol).

Untuk memperingati Hari Sampah Nasional Di SD Negeri 01 Baruga mengadakan kegiatan untuk siswa. Kelas 1 - 3 akan berlomba memungut sampah di area sekolah kemudian mengumpulkannnya ditempat sampah yang sudah dipilah (sampah plastik, sisa makanan dan daun-daun). sedangkang untuk kelas 4 - 6 akan berlomba membuat puisi dengan tema "SAMPAH". kriteria penilaian puisi adalah: 1) kesesuaian isi puisi dengan "Tema", 2) Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi, 3) Karya Siswa Sendiri. Masing-masing pemenang dari lomba tersebut akan mendapat piagam penghargaan dari Kepala Sekolah SD Negeri 01 Baruga. 

Perlombaan untuk kelas 1 - 3 dilaksanakan pada hari kamis 21 Februari 2013 setelah apel pagi. sedangkan untuk kelas 4 - 6 penyetoran puisi mulai hari selasa - kamis (19 - 21 Februari 2013) kepada Bapak Peri Pairy, A.Md. Selaku Penanggungjawab Kegiatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar