Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Selasa, 30 April 2013

FOCIL Indonesia melakukan Sosialisasi di SDN 01 Baruga

Muliyadi, La Ode Wahid dan Kepala SDN 01 Baruga

Yayasan FOCIL Indonesia salah satu LSM di lingkup Kota Kendari bekerjasama dengan SD Negeri 01 Baruga dalam bidang Pendidikan Lingkungan Hidup pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2013 bertempat di Ruang LRC SD Negeri 01 Baruga melakukan Sosialisasi tentang Pertanian Organik. Peserta sosialisasi adalah guru dan siswa-siswi kelas IV dan kelas V SD Negeri 01 Baruga. Sebagai narasumber adalah Direktur Eksekutif FOCIL Indonesia La Ode Wahid.
 
Materi yang dibawakan berjudul Pertanian Organik. Lebih lanjut, Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Beberapa tanaman Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan dengan teknik tersebut adalah padi, hortikultura sayuran dan buah (contohnya: brokoli, kubis merah, jeruk, dll.), tanaman perkebunan (kopi, teh, kelapa, dll.), dan rempah-rempah. Pengolahan pertanian organik didasarkan pada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. Yang dimaksud dengan prinsip kesehatan dalam pertanian organik adalah kegiatan pertanian harus memperhatikan kelestarian dan peningkatan kesehatan tanah, tanaman, hewan, bumi, dan manusia sebagai satu kesatuan karena semua komponen tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan. Pertanian organik juga harus didasarkan pada siklus dan sistem ekologi kehidupan. Pertanian organik juga harus memperhatikan keadilan baik antarmanusia maupun dengan makhluk hidup lain di lingkungan. Untuk mencapai pertanian organik yang baik perlu dilakukan pengelolaan yang berhati-hati dan bertanggungjawab melindungi kesehatan dan kesejahteraan manusia baik pada masa kini maupun pada masa depan. (Ungkap Direktur Eksekutif FOCIL Indonesia La Ode Wahid saat memberikan materi)

Siswa-Siswi Peserta Sosialisasi Pertanian Organik
Kepala Sekolah SD Negeri 01 Baruga Hj. Djasni, S.Pd mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa mengenai pertanian organik. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh FOCIL Indonesia. Guru dan Siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. antusias para peserta dilihat dari banyaknya pertanyaan para peserta, seperti pertanyaan oleh Nabila (Kelas VA). Bapak tadi menyebutkan daun tanaman  lombok untuk membuat pestisida alami, bagaimana cara pembuatannya dan bahan-bahan apa saja yang digunakan?

Dengan diadakannya sosialisasi tersebut pengetahuan dan kesadaran Guru dan siswa terhadap pertanian organik khususnya menyangkut makanan yang alami, sehingga dapat menciptakan warga SD Negeri 01 Baruga yang peduli akan kesehatan tubuh melalui makanan yang alami.

1 komentar:

  1. alamat link http://humas.ui.ac.id/sites/default/files/SBMPTN%20.pdf

    BalasHapus