Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Selasa, 26 November 2013

Lomba Best Practice Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar

SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih prestasi yang membanggakan. SD Muhammadiyah Sapen berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Best Practice Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar  Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar bertempat di Hotel Harris Bandung, 20-23 Nopember 2013. Dengan demikian, SD Muhammadiyah  Sapen memperoleh penghargaan sebagai Juara I Nasional  di Bidang Pendidikan Karakter.

Grand Final Lomba Sekolah Pendidikan Karakter diikuti oleh 40 peserta utusan dari berbagai propinsi di Indonesia. Namun 1 sekolah, yaitu SD Negeri 01 Maluku Utara tidak hadir dalam Grand Final Best Practice Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar. Peserta Grand Final merupakan sekolah-sekolah terpilih dari 99 Sekolah Dasar di 33 propinsi yang ditunjuk sebagai SD piloting pendidikan karakter. Dari 99 SD tersebut, 95 SD terpilih untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dan hasilnya 66 sekolah dasar terpilih untuk divisitasi yang tersebar di 27 propinsi. Proses seleksi dilaksanakan sejak Juli hingga Oktober 2013.

Selanjutnya terpilih 40 sekolah dari 20 propinsi yang lolos untuk mempresentasikan Best Practicenya di hadapan juri dari  Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Universitas Negeri Surabaya, dan praktisi pendidikan. Masing-masing peserta mempresentasikan Best Practice Pendidikan Karakternya di depan juri tentang pengalaman penerapan pendidikan karakter di sekolah masing-masing. Dari hasil presentasi dipilih 6 sekolah dasar terbaik yang melaksanakan pendidikan karakter. Tiga sekolah terbaik juara 1-3 dan 3 sekolah harapan juara 1-3.

Dalam grand final lomba pendidikan karakter sekolah dasar 2013, SD Muhammadiyah Sapen berhasil keluar sebagai Juara I dengan mengumpulkan nilai 97,94, disusul Juara II SD Negeri 01 Bintan Propinsi Riau, dan SD Negeri Pancoran DKI Jakarta. Dengan keberhasilan tersebut, SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta berhak mendapatkan trophy, medali dan uang pembinaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang diserahkan Sekretaris Jenderal Pendidikan Dasar. Penutupan lomba dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Thamrin Kasman dan  Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Prof. Dr. AW. Wahidin Zarkasih.

Kepala SD Muhammadiyah Sapen, H. Saijan, S.Ag., M.S.I., mengatakan bahwa keberhasilan sekolahnya dalam lomba Best Practice Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar merupakan hasil kerja keras dari semua civitas akademika SD Muhammadiyah Sapen dari tingkatan kepala sekolah, guru, karyawan, siswa dan orangtua siswa. 
 
Sumber : 
http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/read/150/sapen-raih-juara-nasional-bidang-pendidikan-karakter.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar