Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Rabu, 22 Mei 2013

WISATA KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN WATUBANGGA

Siswa-siswi sedang Menabur Bunga
Suasana hening  Taman Makam Pahlawan Watubangga Kota Kendari berubah menjadi ramai dengan suara riuh siswa-siswi SD dan SMP Se Kecamatan Baruga. Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Pada hari Kamis (23/5). Dinas Sosial Kota Kendari bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari mengadakan kegiatan kunjungan wisata ke  Taman Makam Pahlawan Watubangga. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pelajar tingkat SD dan SMP Se Kecamatan Baruga. 

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Kendari pelaksanaan kegiatan ini adalah salah satu rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari Senin (20/5) dengan tujuan sebagai salah satu wujud penghargaan atas jasa-jasa para pejuang terdahulu yang telah mengorbankan harta dan jiwa untuk membebaskan tanah air dari cengkraman penjajah. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat patriotisme para siswa-siswi SD dan SMP yang ikut dalam kegiatan wisata.

Foto Bersama Ketua Panitia dan Pemateri
Pada kesempatan itu siswa-siswi akan mengikuti rangkaian kegiatan yang diawali dengan upacara, kemudian syarah dan tebar bunga di makam pahlawan lalu materi singkat yang disampaiakan oleh kepala legiun veteran Kota Kendari serta diakhiri dengan penutupan oleh panitia pelaksana. Siswa-siswi yang ikut dalah kegiatan ini sangat antusias. Terbukti dari semua SD dan SMP yang diundang akhirnya dapat semua menghadiri kegiatan dengan membawa siswa-siswi Sebanyak 25 orang dan 2 guru pendamping. Pembukaan akan dimulai pada pukul 07.30 WITA hingga berakhir pada pukul 11.00 WITA.

Sry (11 tahun)
Secara keseluruhan terdapat 67 makam pahlawan, yang terbagi menjadi dua tempat yakni di sebelah kiri tugu terdapat 6 makam kristiani dan sebelah kanan tugu terdapat 61 makan islam. Siswa-siswa SD Negeri 01 Baruga yang dibawah adalah perwakilan dari kelas V­­A – VD sebanyak 25 siswa. menurut Sry (11 tahun) siswa yang ikut kegiatan. Banyak hal yang saya dapat dari kegiatan ini. “tadi aku dan teman-teman syarah segaligus menabur bunga di makam para pahlawan. Makam-makan yang aku kunjungi salah satunya makam Abd. Muis Larekang. Sebenarnya masih banyak lagi makam yang lain tapi karena tulisan nama di batu nisannya sudah tidak jelas jadi susah dibaca”.

Menurut guru pendamping ibu Magdalena, S.Pd.SD. kegiatan yang diikuti siswa-siswi kali ini sangat bagus dan sekolah sangat mendukung kegiatan yang seperti ini. Kami sangat senang dengan adanya kegiatan kunjungan wisata ke Taman Makam Pahlawan Watubangga, melalui kegiatan ini siswa-siswa kami belajar mengenal para pahlawan di Sulawesi tenggara, selain itu mereka dapat merasakan perjuangan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan, dapat menghargai jasa para pahlawan dan yang sangat penting adalah meningkatkan jiwa patriotisme siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar