Selamat Kepada SD Negeri 01 Baruga yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2015

Jumat, 15 Maret 2013

PMT-AS

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aspek penting dalam pembangunan. Sedangkan pembinaan anak, termasuk anak usia Sekolah Dasar (SD), bagian dari upaya meningkatkan kualitas SDM. Sementara salah satu masalah yang dihadapi anak usia SD, adalah rendahnya tingkat kesehatan dan gizi, terutama anak dari keluarga miskin.

Dalam upaya mengatasi masalah yang dihadapi anak usia SD itu, SD Negeri 01 Baruga menggulir program Penyediaan Makanan Tambahan-Anak Sekolah (PMT-AS) sejak 2009, kata Kepala Sekolah SD Negeri 01 Baruga Kota Kendari, Hj. Djasni, Kamis (1/12), di ruang kerjanya.

PMT-AS adalah kegiatan penyediaan makanan untuk anak dalam bentuk makanan kudapan yang aman dan bermutu. PMT-AS merupakan program Pemerintah Kota Kendari untuk SD/MI di Kota Kendari, pada awal-awal pelaksanaan ada berbagai kendala yang dihadapi baik dari segi pendanaan maupun sumber daya manusia. meskipun demikian program ini tetap dipertahankan. beberapa alternatif ditempuh untuk tetap menyukseskan program ini. akhirnya pada tahun 2005 dalam rapat Komite Sekolah diputuskan bahwa program PMT-AS akan diselenggarakan secara swadaya oleh Komite SD Negeri 01 Baruga bersama orang tua siswa. Mekanisme PMT-AS diatur oleh Kepala Sekolah dan dikoordinasikan ke semua wali kelas,   pelaksanaannya diatur satu kali seminggu secara bergiliran kepada semua siswa dalam satu kelas bagi siswa mampu selama setahun, bagi siswa yang tidak mampu tidak dibebankan untuk PMT-AS.

Salah satu dampak positif dari pelaksanaan PMT-AS, adalah meningkatnya  kehadiran dan  prestasi siswa, terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku siswa seperti kebiasaan mencuci tangan dan berdoa sebelum makan serta membuang sampah pada tempatnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar